Selasa, 21 Desember 2010

= "Kearifan Lokal Masyarakat Baduy"

22 Desember jam 11:27

Sekedar berbagi informasi buku baru kepada teman-teman semua.

------------------------------------------------
Judul Buku : "Kearifan Lokal Masyarakat Baduy"
Penulis : R Cecep Eka Permana
Penerbit : Wedatama Widya Sastra
Jmlh hal : 189 hal
Dimensi : 14 x 20 cm
Harga: 40.000 (belum diskon)
------------------------------------------------

Deskripsi buku:
Hingga saat ini masyarakat Baduy masih terikat pada pikukuh (adat yang kuat) yang diturunkan dari generasi ke generasi. Salah satu pikukuh itu berbunyi lojor teu meunang dipotong, pondok teu meunang disambungkan (panjang tidak boleh dipotong, pendek tidak boleh sambung). Makna pikukuh itu antara lain tidak mengubah sesuatu, atau dapat juga berarti menerima apa yang sudah ada tanpa menambahi atau mengurangi yang ada. Insan Baduy yang melanggar pikukuh akan memperoleh ganjaran adat dari puun (pimpinan adat tertinggi). Pengamalan pikukuh yang taat menyebabkan masyarakat Baduy memiliki kearifan dalam mitigasi bencana.

Buku ini merupakan abstraksi hasil penelitan lapangan dalam rangka Hibah Riset Kompetensi DIKTI tahun 2010. Secara umum mitigasi bencana diartikan sebagai perencanaan yang tepat untuk meminimalkan dampak negatif terhadap manusia. Mitigasi bencana merupakan kegiatan pertama dari tiga kegiatan utama dalam manajemen bencana, yakni kegiatan prabencana yang mencakup kegiatan pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, serta peringatan dini. Dua kegiatan lainnya adalah saat terjadi bencana, mencakup kegiatan tanggap darurat untuk meringankan penderitaan sementara, seperti kegiatan Search and Rescue (SAR), bantuan darurat dan pengungsian; dan pasca bencana yang mencakup kegiatan pemulihan, rehabilitasi, dan rekonstruksi. Kegiatan pada tahap prabencana selama ini banyak dilupakan, padahal kegiatan pada tahap prabencana sangatlah penting karena mencakup baik perencanaan maupun pelaksanaan tindakan untuk mengurangi risiko dampak dari suatu bencana yang dilakukan sebelum bencana itu terjadi. Oleh karena itu, masyarakat harus mengetahui dan memahami serta mampu menyiasati cara hidup berdampingan dengan bencana.

Bagi teman-teman yang berminat membeli buku ini, bisa klik link berikut untuk pemesanan online dihttp://wedatamawidyasastra.com/kearifan-lokal-masyarakat-baduy-178-0.dhtml
-----------------------------------------------------------------
Anda juga dapat menghubungi alamat kami dibawah ini
WEDATAMA WIDYA SASTRA
Jl. M. Kahfi I Gg. H. Tohir II No. 46, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620
Telp : 021 7865262/021 91040822/085 885977509
Fax : 021 7865262
Email : wws@wedatamawidyasastra.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar